Usir Corona dengan Perkuat Imun Tubuh, Ini Caranya

JAKARTA, KRJOGJA.com – dr Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K) sebagai Konsultan Paru Sub Infeki RSUP Persahabatan,d i Jakarta Kamis (4/3 2020) meminta masyarakat tidak perlu panik dengan penyebaran virus corona atau COVID-19 karena bisa dicegah dengan memperkuat imun tubuh.

“Masyarakat tidak perlu panik, karena virus corona hanya menular bila terjadi kontak langsung dengan orang yang sudah lebih dulu terjangkit virus corona. Virus corona menyebar dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau kontak dekat. Namun bila seseorang memiliki antibodi yang kuat, maka virus corona tidak bisa melumpuhkan tubuh,” ujar Erlina.

Dia juga mengajurkan untuk menjaga pola hidup bersih, khususnya pada kondisi saat ini. Menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dapat mengurangi risiko penyebaran virus hingga 37 persen. Melakukan cuci tangan selama 20 detik dengan rutin sebelum memegang mulut, mata, hidung serta memegang instalasi publik. Selain itu, menutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu ketika bersin atau batuk dan rutin membersihkan diri setiap habis berpergian.

Hal senada disampaikan. Prof. dr. Bambang Supriyatno, SpA (K), Konsultan Respi Anak di RSCM menjelaskan, anak-anak justru menjadi objek yang rentan terserang virus. Ia menyarankan orangtua untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus. Beberapa langkah baik yang bisa mencegah anak terserang virus adalah melengkapi imunisasi anak, menerapkan pola hidup bersih, dan meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan antibodi.

“Orangtua juga harus lebih cermat memantau kesehatan anak. amati gejala-gejala penyakit yang mungkin terjadi pada anak agar bisa cepat tertanangi. Cek juga apakah anak mengalami letih, lesu, lemah, karena itu bisa jadi pertanda kondisi anak menurun. Bila ini terjadi, segera asup nutrisi baik pada anak agar pertahanan tubuhnya prima,” ujar Prof. Bambang.

BERITA REKOMENDASI