Usir Corona dengan Perkuat Imun Tubuh, Ini Caranya


Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI dengan tubuh memiliki sistem imun atau pertahanan, sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman dari masuknya benda asing dari luar, seperti virus, bakteri, dan jamur.Sistem imun memang menjadi pelindung vital bagi tubuh untuk dapat melawan penyakit. Penggunaan imunostimulan dapat dianjurkan pada orang orang yang mempunyai rencana berpergian dan sering berada di pusat keramaian.

“Tubuh memiliki sistem imun atau pertahanan, sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman dari masuknya benda asing dari luar, seperti virus, bakteri, dan jamur. Sistem imun memang menjadi pelindung vital bagi tubuh untuk dapat melawan penyakit,” tandasnya.

Prof. Iris menjelaskan sistem imun dapat ditingkatkan dengan mengatur sistem daya tahan tubuh menggunakan imunostimulan yang berperan mengaktivasi berbagai elemen dan mekanisme berbeda pada sistem imun. Imunostimulan berfungsi meningkatkan pertahanan alamiah tubuh untuk mengatasi berbagai infeksi virus dan bakteri, berbagai jenis penyakit dimana sistem imun mengalami penurunan dan penekanan.

“Imunostimulan dapat membantu sistem kerja imun dengan cara merangsang pembentukan antibodi dan sitokin serta memperbaiki fungsi fagosistosis. Jadi makanan yang bernutrisi itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh, apabila seseorang tidak sempat makan-makanan yang bergizi komplit, maka dapat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen atau imunostimulan,” ujar Prof. Iris.

Prof. Iris menambahkan, penggunaan imunostimulan dapat dianjurkan pada orang orang yang mempunyai rencana berpergian dan sering berada di pusat keramaian. “Imunostimulan dapat di konsumsi dalam durasi tertentu sampai risiko paparan virus menurun dan sebaiknya dikonsumsi sebelum seseorang terinfeksi suatu penyakit, karena imunostimulan membutuhkan waktu untuk merangsang sistem imun,” ungkap Prof Iris.

Imunostimulan yang baik mengandung Echinacea pupurea extract dan zinc picolinate. Kandungan Echinacea pupurea extract telah terbukti secara klinis dapat memodulasi sistem daya tahan tubuh dan mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Sementara zinc picolinate berperanan aktif dan bekerja sinergis pada sistem daya tahan tubuh.
(Ati)

BERITA REKOMENDASI