Vaksin TBC Terbukti Efektif untuk Covid-19, Benarkah?

PEMERINTAH Inggris memberikan vaksin Tuberkulosis (TBC) ke ribuan anak sekolah dengan tujuan memberi proteksi dari virus corona penyebab Covid-19. Tindakan ini dilakukan berdasar fakta penelitian bahwa vaksin TBC efektif untuk mencegah virus corona.

Vaksin dengan nama Bacillus Calmette-Guerin (BCG) pertama kali diproduksi pada 1924 dan diberikan kepada anak sekolah di Inggris sampai 2005. Nah, vaksin ini digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bakteri TB penyebab infeksi paru-paru.

Menurut laporan The Sun, peneliti mendapatkan fakta bahwa ada kaitan antara penggunaan vaksin TBC dengan penurunan angka kematian. Dengan fakta tersebut, ada kemungkinan bahwa vaksin TBC bekerja baik menghalau kematian pasien Covid-19.

Hal tersebut pun dibenarkan dalam penelitian terbaru. Ya. penelitian yang dilakukan Asistem Profesor Luis Escobar dari College of Natural Resources and Environtment dan dua rekannya dari National Institutes of Health menjelaskan, pada pasien TBC, vaksin tersebut punya efektivitas 10 persen, sedangkan pada pasien Covid-19 angka efektivitasnya 10,4 persen mencegah kematian.

BERITA REKOMENDASI