Virus Corona Covid-19 Bukan Vonis Mati!

INDONESIA ternyata tak kebal terhadap virus corona baru atau Covid-19. Pada 2 Maret 2020, Presiden Jokowi secara langsung mengumumkan bahwa ada dua WNI yang positif terinfeksi. Publik sontak geger. Pasar dan swalayan diserbu pembeli yang panik, oknum pedagang nakal pun mencoba ambil untung dengan cara menimbun masker hingga hand sanitizer.

Covid-19 memang menakutkan, tapi itu lebih karena ketidaktahuan kita. Sifatnya hingga kini memang masih misterius. Virus corona bisa menular antar-manusia, lewat percikan atau droplet yang menyembur dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi, bahkan sebelum gejala muncul (asymptomatic).

Itu mengapa, Covid-19 menyebar dengan cepat, hingga ke lima benua. Para ilmuwan yang ada di Benua Antarktika nan dingin dan terpencil juga merasa perlu bersiap siaga.

Hingga Senin 9 Maret 2020 pukul 19.00 WIB, tercatat ada 111.321 kasus positif Covid-19 di seluruh dunia, 19 di antaranya ada di Indonesia. China Daratan, Korea Selatan, Italia, Iran, dan Prancis menempati urutan lima terbanyak dalam hal jumlah kasus.

BERITA REKOMENDASI