Virus Hanta Muncul di China, Ini Cara Mencegahnya

Pandemi virus corona dan penyakit COVID-19 belum berakhir, namun publik kembali digegerkan oleh kemunculan virus hanta. China Times Global melaporkan seprang pria dari Provinsi Yunnan meninggal dunia setelah terjankit virus tersebut.

Kejadian tersebut berlangsung saat pria itu tengah melakukan perjalanan kembali ke Provinsi Shandong. Dia dikabarkan menaiki sebuah bus, pada Senin 23 Maret 2020. Buntut dari kasus ini, 32 penumpang lainnya tengah menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Sebagai informasi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), virus hanta atau hantavirus adalah keluarga virus yang menyebar, terutama oleh tikus.

Virus ini dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Salah satunya hantavirus pulmonary syndrome (HPS) dan haemorrhagic fever with renal syndrome (HFRS).

Gejala hanta virus hampir mirip dengan COVID-19. Pasien mengalami kelelahan, demam, dan nyeri otot. Diikuti juga dengan keluhan sakit kepala, pusing, kedinginan dan masalah perut.

Lantas, bagaimana cara untuk menghindari dan mencegah virus ini?

Mengingat virus hanta berasal dari tikus, CDC mengimbau agar warga menghindari kontak langsung dengan hewan tersebut, baik di rumah, tempat kerja, maupun lokasi-lokasi lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menutup lubang dan celah di rumah yang biasanya dijadikan sarang atau tempat persinggahan para tikus-tikus nakal. Bila perlu, siapkan jebakan khusus untuk mengurangi populasi mereka di rumah Anda. Bersihkan pula sisa-sisa makanan di dapur yang dapat menarik perhatian mereka.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan, banyak orang yang terjangkit virus hanta lantaran sering melakukan hubungan kontak dengan tikus, atau kotorannya tersebar di sekitar rumah dan tempat kerja.

Menariknya, tak sedikit pula orang yang jatuh sakit meski mengaku tidak pernah melakukan kontak langsung dengan tikus. Maka dari itu, jika Anda tinggal di daerah di mana hewan pengerat tersebut hidup, jagalah kebersihan rumah atau tempat tinggal Anda secara rutin.

BERITA REKOMENDASI