Wajah Bisa Deteksi Penyakit Jantung hingga Stroke, Ini Caranya

BEBERAPA jenis penyakit rupanya dapat dideteksi dari tanda-tanda di wajah. Dokter menyebut, banyak gejala penyakit yang bisa ketahuan lewat perubahan wajah. Ketika berkomunikasi dengannya, tak hanya saling berbicara biasa, tapi ada ciri-ciri yang bisa dilihat dari perubahan wajah.

Dari mulai perubahan bibir sampai mata, punya arti masing-masing. Sebaiknya, Anda bisa mengenalinya lebih lanjut, dilansir Okezone dari Readersdigest, Minggu (3/3/2019).

Bibir kering dan bersisik

Ini adalah tanda peringatan umum dehidrasi. Tapi bisa juga mengindikasikan penyakit yang lebih serius, mulai memengaruhi fungsi kelenjar keringat, seperti hipotiroidisme (ditandai dengan kadar hormon tiroid yang tidak mencukupi) atau diabetes.

Asisten Profesor Kedokteran di NYU School of Medicine Roshini Raj, MD, mengatakan, tanda-tanda lain hipotiroidisme lainnya termasuk merasa dingin, pertambahan berat badan, dan kelelahan. Sementara untuk gejala diabetes meliputi rasa haus yang ekstrem, sering buang air kecil, dan pandangan kabur.

Kelebihan rambut wajah

Rambut wajah yang tumbuh di sepanjang garis rahang, dagu, dan bibir atas, bisa menjadi gejala sindrom ovarium polikistik atau suatu ketidakseimbangan hormon pada pria. Pastikan Anda tahu penyakit ini lebih lanjut dengan konsultasi dokter

Bintik-bintik kuning lembut pada kelopak mata

Pasien dengan bintik-bintik tersebut tubuhnya dipenuhi kolesterol. Masalah itu disebut xanthelasmata, mungkin memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Hampir 70 persen pasiennya mengalami komplikasi pengerasan pembuluh darah dan hampir 50 persen lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung.

Kantung mata dan bengkak

Mata yang terlihat lelah bisa menjadi tanda bahaya alergi kronis. Efeknya dapat melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan bocor. Bahkan saking bengkaknya, bisa berubah warna biru atau ungu gelap. Sangat bahaya bila tak dikonsultasikan ke dokter.

Ini bisa menjadi salah satu tanda-tanda pertama stroke. Untuk mendeteksi, pasien harus sering bercermin untuk menyamakan bentuk turunannya wajah. Kalau tidak sama alias mencong, hati-hati bisa mengarah pada gejala stroke. Tanda lainnya bahkan Anda mulai sulit berbicara, karena bibir mencong.

Kulit berubah warna

Ada sedikit perubahan wajah yang mungkin mengindikasikan ada sesuatu yang salah. Pucat bisa menjadi tanda anemia. Warna kuning bisa menunjukkan penyakit hati. Warna kebiruan pada bibir atau kuku, dapat mengindikasikan penyakit jantung atau paru-paru. Sekali lagi Anda perlu cek ke dokter. (*)

BERITA REKOMENDASI