Wanita Kena Insomnia?, Ini Sebabnya

KAUM wanita tergolong lebih sering mengalami insomnia dibandingkan pria. Penyebabnya tidak lain karena terjadinya gangguan estrogen yang hanya dialami kaum hawa. 

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang sering dialami banyak orang. Dalam tidurnya, mereka sulit mempertahankan tidur, sering terbangun di malam hari, hingga jam tidurnya tidak menentu. 

Spesialis Saraf dan Neurologi dari RS Sardjito Yogyakarta dr Astuti SpS mengatakan, wanita kerap mengalami insomnia, terutama di saat menopause. Banyak faktor pemicunya yang seharusnya dihindari. "Saat menopause, berkurangnya estrogen bisa menyebabkan insomnia," ujar dr Astuti saat diskusi membahas 'Bahaya Insomnia Berkaitan dengan Penyakit Komplikasi' di Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/11/2016). 

Karena kadar estrogen berubah-ubah, menyebabkan emosi wanita tidak menentu. Apalagi saat mereka mengalami perasaan cemas yang berujung pada masalah stres akibat menghadapi masalah kehidupan. "Stres pemicu utama wanita mengalami gangguan siklus tidur yang tidak normal," tambahnya. 

Karena itu, wanita disarankan mencegah pemicu stres. Dalam menyelesaikan pekerjaan, berpikir secara tenang dan tetap menerapkan gaya hidup sehat agar kualitas tidur terjaga. (*)

BERITA REKOMENDASI