Waspada, Debu di Rumah Bisa Bikin Anda Kebal Antibiotik

ANDA sering malas membersihkan rumah? Membiarkan debu menempel dan bertebaran di perabot rumah? Nampaknya Anda mulai harus rajin membersihkan debu-debu di rumah, mengapa? Sebuah studi dari Northwestern University (NU) menemukan, bakteri yang hidup dalam debu rumah tangga dapat menyebarkan gen resistensi (kebal) antibiotik.

Para peneliti percaya gen-gen ini berpotensi menyebar ke patogen, menyebabkan infeksi lebih sulit diobati. Bakteri dapat berbagi banyak jenis gen yang berbeda, asalkan memiliki DNA bergerak. Menurut laporan kantor berita Xinhua, peneliti NU adalah yang pertama menemukan bahwa gen resistensi antibiotik dalam mikroba debu memiliki kemampuan bergerak. "Kami mengamati bakteri hidup memiliki gen resistensi antibiotik yang dapat ditransfer," kata Erica Hartmann, asisten profesor teknik lingkungan di Sekolah Teknik NU McCormick.

Meskipun jarang patogen (mikroorganisme parasit) hidup di rumah, patogen dapat mentransfer gen kepada bakteri yang ada. "Nonpathogen dapat mentransfer gen horizontal untuk memberikan gen resistensi antibiotik pada suatu patogen. Kemudian patogen menjadi resisten (kebal) terhadap antibiotik," jelas Hartmann.

Sementara itu, Hartmann juga mengimbau untuk tidak sembarangan dalam membersihkan debu. Dia merekomendasikan untuk menggunakan kain lembap daripada menggunakan solusi antimikroba yang dapat membuat bakteri lebih tahan terhadap antibiotik. (*)

BERITA REKOMENDASI