Waspada, Lupa Lepas Kontak Lensa Bisa Bikin Buta

JANGAN pernah sekalipun menggunakan kontak lensa di saat tertidur pulas. Sekalinya Anda mengantuk, wajib melepas alat bantu penglihatan yang sangat sensitif tersebut.

Dilansir Boldsky, Rabu (10/8/2016), ini dia lima risiko yang bakal Anda alami jika lupa melepas kontak lensa saat tidur. Hati-hati ya!

Kebutaan

Pada kasus yang jarang, tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan. Ini adalah salah satu alasan berbahaya mengapa Anda harus ingat untuk melepas kontak lensa Anda sebelum tidur.

Mata merah

Iritasi pada mata kerap terjadi di saat Anda melepas kontak lensa. Akibatnya, masalah itu ditandai dengan mata merah yang berujung fatal bagi kesehatan mata Anda.

Benjolan di mata

Meski menggunakan kontak lensa sesaat Anda tidur, risikonya juga mengakibatkan benjolan kecil pada mata. Bahayanya adalah langsung merusak mata Anda tanpa alasan apapun.

Peradangan

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan lensa kontak sehari-hari, itu bisa menyebabkan peradangan di dalam mata. Jika neo vaskularisasi terjadi di dalam kornea, mata Anda akan rusak.

Infeksi

Tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan infeksi. Ketika permukaan lensa menyebabkan luka mikroskopis pada mata saat tidur, bakteri dapat memperburuk infeksi lebih lanjut. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat menyebabkan penyakit mata. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI