Waspada, Obesitas Ancam Penduduk Dunia

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kelebihan berat badan atau obesitas mengancam penduduk dunia. Padahal, penyakit tidak menular ini berpotensi menimbulkan penyakit lain seperti diabetes melitus sampai gagal ginjal akibat pola hidup yang tak sehat melalui nutrisi dan aktivitas fisik.

"Lemak perut di usus paling besar potensinya menyerang imunitas tubuh. Bahkan, akan seperti tumor yang bersarang di perut dan mengganggu pembuluh darah. Penduduk Asia saat ini tidak segemuk warga AS, namun dari tahun ke tahun lingkar perutnya semakin melebar sehingga perlu penananganan khusus, termasuk Indonesia," kata Chairman Herbalife Nutrition Institute and Nutrition Advisory Board Dr David Heber saat Wellnes Tour sekaligus peluncuran Herbalife Aloe Concentrate terbaru rasa mangga, Kamis (15/06/2017).

Heber menjelaskan banyaknya lemak di perut akan mengakibatkan peradangan dan resistensi insulin. Lalu disertai dengan stress pankreas sehingga menimbulkan diabetes melitus tipe dua. Di AS, ada 80 juta penderita diabetes tipe ini ditambah 500 ribu penderita gagal ginjal. Sedangkan di China 500 juta warga terserang pradiabetes dan 120 juta mengalami diabetes tipe dua.

"Jumlah ini sekitar 10-20 persen penduduk yang awalnya mengalami obesitas. Gejala ini di China disebabkan berubahnya pola makan masyarakat yang mengikuti barat. Mereka yang dulunya hobi bersepeda, kini mengendarai mobil dan rela bermacet-macet sambil mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak menyehatkan," ujarnya.

Karena itu, Heber menyarankan meningkatkan jumlah asupan protein dan berolahraga guna membakar lemak. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Ditambah mengurangi pemakaian minyak sayur, mengganti minuman bersoda dengan air.

Senior Director dan Country General Manager Herbalife Indonesia Andam Dewi mengatakan Herbalife Aloe Concentrate HAC merupakan salah satu produk unggulan yang dikembangkan berdasarkan ilmu pengetahuan yang secara klinis rendah kalori. Produk ini memberi rasa nyaman pada pencernaan sehingga mendukung kesehatan pencernaan. "Lidah buaya diketahui banyak mengandung manfaat, namun ternyata ada bagian yang memiliki manfaat lain memberi rasa nyaman pada pencernaan," tandasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI