Wedang Uwuh Ampuh Usir Masuk Angin

WEDANG Uwuh merupakan minuman dari campuran bahan herbal sehingga mampu berkhasiat bagi keseahatan. Dengan rutin mengkonsumsinya bisa mengusir rasa lelah sampai masuk angin. Bahkan, saat mestruasi, dapat meredakan rasa nyeri pada perut.

Segelas air hangat berwarna merah cerah berasal dari seduhan serutan tipis kayu secang (Caesalpinia sappan). Rasanya yang manis sedikit pedas dengan irisan jahe yang ikut terseduh di dalam gelas ditambah campuran cengkih. Secara kesehatan, wedang uwuh aman untuk dikonsumsi bahkan dianjurkan setiap hari. 

Muhammad Al-Furqon mengatakan kepada krjogja.com, wedang uwuh dapat mengobati rasa kantuk dan capek. Ketika meminumnya, efek dari wedang tersebut secara spontan akan langusung diterima oleh tubuh. 

"Minuman wadang uwuh bisa bikin merem melek mata karena ada rasa yang khas ketika diminum," kata pria yang disapa Furqon saat ditemui dalam acara Invesda Expo 2019, Pameran Terpadu Peluang Investasi Perdagangan Pariwisata dan Produk Unggulan, Sabtu (27/04/19.

Menurutnya, wedang uwuh milikya didatangkan dari Kabupaten Kendal dengan varian rasa manis dan cenderung pedas. Sedangkan harganya dibanderol Rp 25 ribu.  "Kalau yang Kendal rasanya cenderung pedas tapi tergantung bagaimana yang meminumya sih. Untuk rasa pedasnya itu karena ada campuran jahe, cengkeh, kayu secang," tambahnya.

Dia menambahkan manfaat kesehatan lain yang terkandung dalam minuman wedang uwuh adalah menurunkan kolestrol, menurunkan asam urat, menurunkan gula darah, menghangatkan tubuh, dan kaya anti oksidan. "Teh dan kopikan kurang baik buat kesehatan. Jadi kalau mau tetep ngopi (bersantai) alangkah baiknya diganti dengan minuman berbahan herbal tersebut," katanya.

Invesda Expo 2019 Invesda Expo 2019 yang digelar oleh PT Fery Agung Corindotama (Feraco)  berasal dari 86 instansi. Pesertanya terdiri dari 12 instansi pemerintahan tingkat provinsi, 35 instansi pemerintahan tingkat kabupaten, 13 instansi pemerintahan tingkat kota. Sebanyak 26 stan lainnya diisi dari unsur non pemerintah daerah meliputi instansi kementerian dan non kementerian, perusahaan BUMN/BUMD dan swasta nasional, serta UMKM. (Ive)

BERITA REKOMENDASI