WHO Akui Virus Corona Menyebar Lewat Udara ?

BADAN Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) terbuka mengakui jika memang ditemukan bukti bahwa Covid-19 bisa menyebar melalui udara. Pasalnya, banyak peneliti di dunia mendesak WHO untuk segera mengumumkan bahwa corona bisa menyebar lewat airborne.

Menurut laporan Hindustan Times, pakar WHO Benedetta Allegranzi mengatakan bahwa organisasi tersebut terbuka terhadap bukti yang menjelaskan bahwa penyebaran Covid-19 bisa melalui udara.

Jika memang ada bukti tersebut, WHO berharap ada penelitian lanjutan mengenai virus corona Covid-19 untuk hasil yang lebih komprehensif. Tidak hanya itu, jika hal tersebut terbukti benar maka perubahan cara pencegahan pun mesti dilakukan untuk mengendalikan infeksi.

Menjadi penegasan di sini bahwa udara yang dimaksud adalah ‘lingkungan padat, tertutup, berventilasi buruk’. Kondisi ruangan seperti itu menurut Allegriza tak dapat dikesampingkan.

Dilaporkan BBC, sebelumnya sebuah surat terbuka yang disepakati lebih dari 200 ilmuwan menuduh WHO meremehkan kemungkinan penyebaran virus corona lewat udara.

Sampai saat ini WHO percaya bahwa penyebaran virus corona hanya lewat percikan air liur atau droplet yang dikeluarkan pasien Covid-19 saat batuk, berbicara, atau bersin.

Dengan adanya surat tersebut, ilmuwan berharap agar WHO semakin serius mengenali pola penyebaran virus SARS-CoV2 yang mematikan tersebut.

“Kami ingin WHO mengakui bukti,” kata Jose Jimenez, seorang ahli kimia di University of Colorado, yang ikut menandatangani surat terbuka tersebut, pada Reuters.

“Ini jelas bukan serangan untuk WHO. Ini adalah debat ilmiah, tetapi kami merasa harus mengumumkannya kepada publik karena mereka menolak untuk mendengar bukti,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI