Zinc Bisa Bantu Pasien Covid-19 Cepat Pulih, Benarkah?

Kadar zat seng puasa pada wanita dan pria ini (rata-rata 611 dan berusia 63 tahun) diambil selama penelitian. Data medis lainnya dan kondisi yang sudah ada sebelumnya juga dipertimbangkan untuk penelitian ini.

Tim peneliti fokus pada sampel hanya 249 pasien termasuk 21 yang meninggal. Tingkat seng pada orang yang selamat jauh lebih banyak daripada orang yang meninggal karena penyakit, masing-masing 63,1 dan 43 mikrogram per desiliter.

Setelah mempertimbangkan semua faktor lainnya, ditemukan bahwa setiap unit peningkatan kadar seng dalam darah pada saat masuk rumah sakit dikaitkan dengan risiko kematian di rumah sakit yang 7 persen lebih rendah.

Tingkat seng yang lebih rendah pada saat masuk di rumah sakit berkorelasi dengan peradangan yang lebih tinggi selama infeksi. Sebelum Anda mulai membeli vitamin dengan kandungan zat seng, ingatlah bahwa penelitian ini terbatas pada kelompok pasien yang lebih kecil. Menurut para ahli, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

Studi ini mengaitkan kadar seng yang lebih rendah pada saat masuk rumah sakit dengan peningkatan risiko kematian pada pasien, tidak membuktikan bahwa satu dapat menyebabkan yang lain. Studi tersebut hanya menunjukkan hubungan antara penyakit dan nutrisi. (*)

BERITA REKOMENDASI