10 Planet Mirip Bumi Telah Ditemukan, Ingin Pindah?

OLYMPIA,KRJOGJA.com – Sejumlah astronom menemukan 219 exoplanet (planet yang berada di luar tata surya) di mana 10 di antaranya memiliki ukuran dan suhu yang mirip dengan Bumi. Mereka menemukan planet tersebut dalam pengamatan terakhir misi Kepler milik NASA yang mengamati 200.000 bintang di rasi Cygnus.

Sepuluh planet berbatu yang ditemukan NASA, memiliki jarak yang tepat dengan bintang induknya seperti Bumi dengan Matahari untuk memiliki air. Selama ini ilmuwan meyakini bahwa air merupakan bahan utama kehidupan.

"Pertanyaan penting bagi kami adalah, 'Apakah kita sendiri?'," ujar ilmuwan program Kepler, Mario Perez, dalam sebuah konferensi pers seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (20/6/2017).

"Mungkin hari ini Kepler memberi tahu kita secara tidak langsung … bahwa kita tak sendiri," jelasnya.

NASA meluncurkan teleskop Kepler pada 2009 untuk mengetahui jumlah planet mirip Bumi. Data yang telah diperoleh dan analisis yang sedang dilakukan, merupakan sebuah langkah penting dalam menilai kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi.

Seperti dilansir CNN, dengan menambahkan data pengamatan terbaru, hingga saat ini Kepler telah mengidentifikasi 4.034 kandidat planet, di mana 2.335 di antaranya telah dikonfirmasi sebagai exoplanet.

Misi tersebut juga menemukan 50 planet yang berukuran sama dengan Bumi, di mana lebih dari 30 planet telah dikonfirmasi.

Dari 10 planet terbaru yang berukuran seperti Bumi, salah satunya sangat mirip dengan Bumi, baik dari ukuran dan jarak ke bintang induknya. Namun, hingga kini peneliti belum menemukan informasi lebih lanjut tentang hal itu.

Data dari Kepler juga memberikan cara baru untuk menilai apakah sebuah planet memiliki permukaan padat seperti Bumi, atau terbuat dari gas seperti Neptunus. Perbedaan tersebut akan membantu ilmuwan mengetahui planet yang berpotensi mirip Bumi dan kemungkinan menemukan kehidupan di tempat lain.

Tim Kepler menemukan, planet-planet yang berukuran 1,75 kali lebih besar dari Bumi atau lebih kecil cenderung memiliki permukaan berbatu. Sementara itu, planet yang berukuran dua sampai 3,5 kali lebih besar dari Bumi berselimut gas layaknya Neptunus.

Sejauh ini, exoplanet yang oleh para ilmuwan disebut sebagai "super-Earth" dan "mini-Neptunes", belum ditemukan di tata surya kita. Meski demikian, para ilmuwan sedang mencari planet kesembilan yang berada jauh di luar Pluto.(*)

BERITA REKOMENDASI