28 Juli, ‘Micro Blood Moon’ Terlama Abad 21

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah Super Blue Blood Moon yang terjadi 31 Januari 2018 lalu, Indonesia bakal kembali merasakan gerhana bulan total pada 28 Juli 2018 mendatang. Gerhana kali ini bahkan menjadi yang terlama di abad 21 karena terjadi dalam waktu 108 menit.

Baca Juga: Spesial, Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Ternyata Cukup Lama

Kondisi tersebut cukup unik karena kali ini posisi bulan berada pada titik paling jauh dengan bumi atau kerap disebut Apogee. Kondisi inilah yang kemudian membuat gerhana bulan yang terjadi 28 Juli nanti disebut “Micro Blood Moon”.

Di Yogyakarta, komunitas Jogja Astro Club (JAC) memberikan konsern besar pada fenomena alam Micro Blood Moon. Komunitas tersebut sudah memberikan prediksi waktu terjadinya gerhana bulan tersebut yang ternyata dimulai pukul 00.14 WIB, mencapai puncak pukul 03.21 WIB hingga berakhir pukul 06.28 WIB.

Baca Juga: Kisah Puppeter Puno, Menangis Rindu di Belakang Panggung

“Kami dari JAC akan melakukan pemantauan dari Tebing Breksi. Kalau ada masyarakat yang ingin bergabung kami dengan sangat terbuka menerima bahkan silahkan mengajak rekan-rekan lainnya untuk mengamati fenomena alam yang menarik ini,” ungkap Farid NB Humas JAC Jumat (20/7/2018). (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI