5 Cara Baru untuk Mengamankan Akun Google, Simak Ya..

JAKARTA, KRJOGJA.com – Di era modern seperti sekarang ini, sudah semakin banyak kejahatan di dunia maya dengan menyalahgunakan data dari pengguna suatu platform.

Para peretas data memiliki kemampuan khusus untuk dapat mengakes data pengguna, dan memanfaatkannya sebagai alat untuk mencari keuntungan bagi dirinya sendiri.

Menurut laporan Digital Shadows, terdapat sekitar 15 miliar kata sandi akun curian dari lebih dari 100.000 pelanggaran data tersedia di web. Kata sandi tersebut dijual seharga sekitar USD 15 dari masing-masing kata sandi tersebut.

Ada situs yang memelihara database yang diperbarui secara berkala dari alamat email dan kata sandi curian. Maka itu, hal ini sangat berbahaya bagi keamanan akun pengguna. Namun jangan khawatir, dirangkum dari Fox News pada Senin (30/11/2020), berikut 5 cara baru untuk mengamankan akun Google:

1. Gunakan Kata Sandi yang Sulit Ditebak

Dalam pembuatan kata sandi, hal ini sangat penting untuk lebih diperhatikan bagi setiap pengguna. Buatlah 15 karakter atau lebih dan sertakan angka, huruf kapital, tanda baca, atau simbol. Jangan gunakan nama, nomor ulang tahun, atau informasi pribadi Anda.

2. Gunakan Metode 2FA

Ada cara yang lebih kuat untuk memverifikasi identitas pengguna yaitu dengan cara menggunakan Google Authenticator. Ini adalah aplikasi yang menghasilkan kode 2FA. Jadi, peretas tidak akan mudah mengakses data Anda, mereka harus mendapatkan kode 2FA di ponsel Anda terlebih dahulu untuk dapat mengakes data Anda.

3. Pastikan Anda Dapat Mengakses Kembali Akun Anda

Selain itu cara lainnya adalah dengan mengatur opsi pemulihan jika Anda lupa kata sandi atau berpindah perangkat. Ini adalah cara Anda kembali ke akun Google Anda atau mengubah kata sandi jika Anda lupa.

4. Lakukan Pemerikasaan Terhadap Akun Anda

Google akan mencatat setiap perangkat yang telah dimasuki, Jadi Anda perlu selalu mengeceknya untuk memastikan apakah benar bahwa yang mengakses itu Anda atau tidak.

5. Gunakan Program Perlindungan Lanjutan Google

Program Perlindungan Lanjutan adalah lapisan keamanan terkuat Google. Perlindungan Lanjutan disarankan bagi siapa saja yang berisiko terkena serangan online yang ditargetkan seperti jurnalis, aktivis, pemimpin bisnis, dan admin TI.

BERITA REKOMENDASI