Adu Ide dan Kreativitas, Inilah 5 Siswa Terbaik AHM Best Student 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com– Setelah beradu ide dan kreativitas terbaik, terpilihlah 5 pemenang terbaik Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2020 menyisihkan 847 siswa SMA/SMK/MA/MAK dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya menawarkan inovasi alat yang bisa mendisiplinkan diri menjaga jarak di masa pandemi.

Alat menarik dan sesuai dengan konteks zaman itu adalah kreasi M. Rafhi Rihadatusyawal dari SMK Mitra Industri MM2100, Jawa Barat. Kreasi Rahfi ini mengantarnya menjadi satu dari lima peraih pemenang predikat Gold AHM Best Student 2020. Pemenang lainnya datang dari provinsi paling timur Indonesia, Susilowati S. dari SMA Negeri 1 Jayapura, Papua. Dia membuat karya orisinil yang memanfaatkan tanaman endemik Papua yaitu buah merah diolah menjadi sambal yang akan menjadi oleh-oleh khas Papua.

Peraih predikat Gold AHMBS 2020 lainnya berasal dari pulau Sumatera, Salsabila Tri Rahmi dari SMA Negeri 1 Sitiung, Sumatera Barat. Dia menunjukkan dedikasi tingginya dalam membantu peningkatan hasil panen petani lokal dengan mengembangkan inovasi pemberantas hama ramah lingkungan dan pupuk organik yang terbuat dari jengkol dan keong mas. Selain itu, ada Theresia Febriana Meo dari SMK Negeri 5 Berau, Kalimantan Timur berhasil mengembangkan karya solusi tepat guna dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan alat penepung bagi beras, ketan, ketumbar, merica, dan sawut ubi. Kehadiran alat ini menggantikan peran alat penepung modern yang sulit ditemukan di pelosok negeri. Kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan juga ditunjukkan I Putu Evan Priya Saguna dari SMA Negeri 4 Denpasar, Bali dengan mengembangkan karya perangkat elektronik sebagai alat bantu berjalan penyandang tuna netra dengan mendeteksi guiding block, sehingga meminimasi kesulitan saat berjalan di trotoar.

BERITA REKOMENDASI