Agustus 2018, Satelit 4 Telkom Diluncurkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Beberapa waktu lalu, Satelit Telkom 1 mengalami sebuah gangguan yang menyebabkan site dan juga ATM di beberapa bank terganggu. Atas masalah tersebut, perseroan segera melakukan perbaikan ke sejumlah regional yang ada di Indonesia. 

Dalam pantauan langsung di Crisis Center Service Recovery Satelit Telkom 1 bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, Direktur Utama Telkom, Alex Sinaga mengatakan bahwa Telkom akan segera meluncurkan Satelit kembali.

"Kami akan meluncurkan satelit Telkom 4 pada Agustus 2018," ungkapnya di Graha Merah Putih, Jakarta, Selasa (5/9/2017). Penempatan Satelit Telkom 4 ini nantinya akan menempati slot milik Satelit 1. 

"Karena itu slot pada Satelit Telkom 1 itu sudah kosong, kami berusaha agar itu tidak ditempati. Supaya bisa ditempati oleh Satelit Telkom 4," ujarnya. 

Menurut Alex, cukup aman untuk memastikan bahwa slot milik ex-Satelit Telkom 1 tersebut untuk tidak ditempati orang lain. "Karena itu kami dibantu agar slot tersebut tidak ditempati oleh yang lain. Dan juga kami akan berusaha untuk mempercepat peluncurannya," jelasnya. 

Seperti diketahui, terhitung pada Selasa (5/9/2017) dari 15 ribu site yang terganggu, Telkom telah melakukan memulihkan kembali sebanyak 10.654 site. Artinya 71 persen site yang beberapa waktu lalu mengalami masalah telah pulih kembali. Alex mengatakan bahwa untuk kerugian yang dialami akibat 'rusaknya' Satelit Telkom 1 ini belum diketahui. "Kerugiannya sendiri masih kami hitung," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI