AHM Perkuat Vokasi Industri di Jateng-DIY

SEMARANG, KRJOGJA.com – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali memperkuat pendidikan vokasi untuk mengembangkan “link and match” antara dunia pendidikan dan dunia industri. 

Komitmen ini diwujudkan dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama dalam rangkaian acara Peluncuran Program Vokasi Industri di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Berlokasi di PT Delta Dunia Sandang Tekstil, Demak, Jawa Tengah pada Kamis (28/2/2019), penandatangan kesepakatan kerjasama ini dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan 40 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda binaan Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah Astra Motor Yogyakarta dengan disaksikan secara langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan Jawa Tengah dengan jumlah industri yang cukup banyak memerlukan dukungan pemerintah dan industri untuk mempercepat implementasi konsep “Link & Match” pendidikan vokasi industri. AHM melalui Program Pendidikan Satu Hati, secara terstruktur berusaha mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (Kurikulum TBSM) Astra Honda yang saat ini sudah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

“Pendidikan vokasi kami sudah hadir cukup lama di Jawa Tengah. Kami ingin melanjutkannya dengan meningkatkan kualitas implementasi Program Pendidikan Satu Hati di SMK binaan agar melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap bekerja di industri,”ujar Muhibbuddin.

Khusus di wilayah Jawa Tengah, SMK Binaan Astra Honda dibimbing langsung di bawah pengawasan Astra Motor Jateng selaku main dealer sepeda motor Honda. Total sebanyak 62 SMK Binaan tersebar di 22 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang merupakan wilayah operasional Astra Motor Jateng.

Region Head Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja mengatakan bahwa Astra Motor mendukung penuh program pemerintah serta tujuan perusahaan untuk mengembangkan kemampuan generasi muda lulusan SMK Binaan di Jawa Tengah yang berkualitas dan siap bekerja di industri otomotif.

“Untuk tahun 2017, sebanyak 60% pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang berada di bawah jaringan Main Dealer Astra Motor Jateng berhasil diisi oleh lulusan SMK Binaan, dan disusul pada tahun 2018, sebanyak 83 lulusan SMK Binaan juga turut mengembangkan karirnya di jaringan AHASS,” terang Ronaldo. (*)

BERITA REKOMENDASI