Akhir Agustus, Asteroid Berukuran ‘Raksasa’ Lintasi Bumi

DALAM beberapa pekan terakhir, sejumlah asteroid atau batuan luar angkasa telah terbang melintasi Bumi.

Terbaru, menurut NASA, asteroid yang akan melintasi Bumi adalah asteroid yang berukuran sebesar Piramida Giza di Mesir atau sekitar 160 meter.

Mengutip laman Dailystar, Senin (12/8/2019), asteroid ini bakal melintasi Bumi pada 28 Agustus 2019. Asteroid ini diberi nama 2019 OU1 oleh astronom penelitinya.

Batu angkasa tersebut merupakan bagian dari asteroid Apollo yang melintas dekat Bumi dan termasuk ke dalam kelompok asteroid yang berpotensi membawa bahaya bagi Bumi.

Sebelumnya, asteroid yang masuk ke atmosfer Bumi, meteor sampai ke Rusia dan meledakkan kota Chelyabinsk, juga termasuk ke dalam kategori Apollo. Asteroid Apollo diprediksi berasal dari sabuk asteroid utama, tetapi tertarik oleh interaksi gravitasi dengan Jupiter.

Sementara itu, asteroid yang berpotensi membawa bahaya bagi Bumi merupakan hasil klasifikasi NASA terhadap batuan angkasa yang berjarak 0.05 astronomical unit (au) atau sekitar 7,4 juta km, serta diprediksi bisa menyapu Bumi hingga magnitudo 22.

Kembali ke Asteroid 2019 OU1, diperkirakan memiliki jarak 0.00685 au. Angka ini setara dengan dua setengah kali jarak bulan ke Bumi.(*)

BERITA REKOMENDASI