Akses Internet Berlebihan Dapat Memicu Kejahatan Siber

PANDEMI Covid-19 membawa dampak turunan berbagai hal negatif pada anak. Bahkan, kondisi yang mengharuskan anak-anak akrab dengan dunia online bukan tidak mungkin mengakibatan kecanduan internet.

Malahan bisa juga memunculkan kejahatan siber, akses situs porno, akses aplikasi pertemanan online yang mengakibatkan mereka menjadi korban kekerasan, baik visual, verbal dan lainnya.

Kepala seksi data, Informasi Gender dan Kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Arif Nasiruddin menjelaskan, dari sisi jumlah dibanding daerah lain, angka Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KTPA) di DIY termasuk kecil. Namun hal ini dipengaruhi pula luas wilayah dan jumlah penduduk DIY yang relatif kecil.

“Jika dilihat dari sisi rasio dengan rumus jumlah kasus dibagi jumlah penduduk, DIY menempati posisi tertinggi di Indonesia. Pada kekerasan dengan korban anak, rasio DIY pada 2020 sebesar 5,05. Sedangkan kekerasan dengan korban perempuan rasionya 5,2,” kata Arif.

BERITA REKOMENDASI