Akuisisi Tim Teknik dan Desain HTC, Google Siapkan Rp14,6 T

MOUNTAIN VIEW, KRJOGJA.com – Google telah sepakat untuk mengakuisisi sebagian tim teknik dan desain HTC dengan mahar senilai USD1,1 miliar atau setara dengan Rp14,6 triliun. Raksasa teknologi itu merekrut kader veteran yang bekerja untuk ponsel Pixel dan dapat memperkuat bisnis hardware-nya. 
Google Alphabet memboyong sekira 2.000 karyawan yang berpengalaman mengerjakan perangkat Pixel. Langkah ini bermaksud untuk menampilkan fitur apik dari software Android yang kini mendominasi smartphone di dunia. Kesepakatan ini juga dilengkapi dengan perjanjian lisensi non-eksklusif untuk kekayaan intelektual milik HTC.

"Tim berbakat HTC akan bergabung dengan Google sebagai bagian dari organisasi hardware. Karyawan Google masa depan ini adalah orang-orang hebat yang telah bekerja dengan smartphone Pixel, dan kami sangat antusias untuk melihat apa yang dapat kami lakukan bersama sebagai satu tim,” kata Rick Osterloh, Senior Vice President of Hardware Google. 

Berkat kesepakatan itu, kini Google mendapatkan kontrol yang lebih ketat atas perancangan dan produksi Pixel serta perangkat lainnya. Gadget tersebut turut menjadi bagian dorongan strategis untuk mendistribusikan software penting seperti asisten voice-enabled dan serta lebih menyaingi rivalnya Apple.

Google sendiri tengah bersiap untuk mengungkap perangkat generasi selanjutnya pada Oktober, membangun portofolio yang menjalankan keseluruhan Google Home ke headset virtual reality  Daydream. 

"Akhir dari langkah ini adalah fleksibilitas lebih pada inovasi hardware yang dapat memacu pendapatan tambahan melalui layanan yang dimungkinkan oleh inovasi tersebut,” kata Jitendra Waral, analis senior Bloomberg Intelligence. (*)

BERITA REKOMENDASI