Alibaba Kucurkan Dana Kepada Lazada Rp 27,5 Triliun

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Alibaba Group Holding Ltd p akan menggelontorkan US$2 miliar atau setara Rp27,5 triliun untuk Lazada Group di pasar Asia Tenggara. Mereka juga akan menurunkan eksekutif puncak ke Lazada untuk bersaing dengan Amazon yang mulai aktif di wilayah ini.

Dari 18 pendiri Alibaba, Lucy Peng yang menjadi eksekutif lama di perusahaan bakal "turun gunung" menangani Lazada sebagai kepala eksekutif. Dia akan menggantikan Max Bittner yang akan menjadi penasihat senior untuk Alibaba.

Dengan penambahan dana tersebut, saham Alibaba meningkat. Sayangnya jumlah penambahan saham tidak diungkapkan oleh juru bicara e-commerce asal China itu. Sebelum investasi ini, Alibaba memegang saham sebesar 83 persen di Lazada.

Dengan penambahan ini, total investasi Alibaba mencapai US$4 miliar di Lazada. Dana itu dialirkan selama dua tahun terakhir. "Investasi tersebut menggarisbawahi kepercayaan Alibaba terhadap kesuksesan bisnis Lazada di masa depan dan prospek pertumbuhan pasar Asia Tenggara, sebuah wilayah yang merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan global Alibaba," kata Alibaba dalam sebuah pernyataan.

Pendanaan baru ini juga menunjukkan ambisi Alibaba untuk mendapatkan bagian lebih besar dari pasar belanja online yang tumbuh signifikan di kawasan Asia Tenggara. “Dengan populasi muda [yang besar], penetrasi seluler yang tinggi dan hanya tiga persen dari penjualan eceran kawasan yang saat ini dilakukan secara online, kami merasa sangat percaya diri untuk melipatgandakan [bisnis] di Asia Tenggara," kata Lucy Peng. (*)

BERITA REKOMENDASI