Anak Yogya Ciptakan Teknologi Hitung Cepat Buah Kelapa

INDONESIA menjadi salah satu produsen kelapa terbesar dunia dengan 18,04 juta ton kelapa butir per tahun. Namun, apakah penghitungan jumlah tersebut tepat karena sampai saat ini masih sangat banyak digunakan peralatan manual.

Anak-anak Yogya yang bergabung dalam Widya Robotic berhasil mengembangkan solusi penghitungan object yang dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki secara terinci. Salah satunya memang untuk kelapa, bagaimana Indonesia bisa memenuhi kebutuhan kelapa dunia dengan penghitungan yang tepat dan cepat.

Ruby Abdullah, Head of AI Division Widya Robotic mengungkap sampai saat ini di perkebunan kelapa, panen setiap harinya dengan jumlah ribuan butir. Perkembangan teknologi saat ini, telah banyak dirancang untuk membantu pekerjaan manusia untuk menjadi solusi meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan dalam sebuah industri.

“Widya Robotics melihat proses manual penghitungan kelapa dengan jumlah ribuan dapat diberi solusi agar kapasitas produksinya dapat meningkat hingga 3 kali lipat dari sebelumnya. Solusi Vision Intelligence (VI) Coconut Counter diciptakan Widya Robotics untuk menghitung jumlah kelapa yang melewati conveyor,” ungkapnya, Rabu (19/1/2022).

BERITA REKOMENDASI