Anjing Dilatih Deteksi Penderita Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anjing memiliki kemampuan penciuman yang baik. Diyakini hewan ini bisa mencium bau tertentu pada seseorang yang menderita kanker.

Berdasarkan keyakinan itu, di Spanyol, anjing dilatih untuk mengendus Covid-19 pada manusia, dikutip Ubergizmo.

“Badan yang mengontrak Covid-19 menghasilkan senyawa organik yang mudah menguap,” menurut profesor universitas dan ahli epidemiologi veteriner, Fernando Mardones dari Catholic University of Chile.

Ia mengatakan, sampel diambil dari seseorang pada tahap awal infeksi. Kasa dibiarkan sekitar 15 menit dengan ketiak seseorang. “Itulah sampel yang kami simpan dan gunakan untuk melatih anjing-anjing itu,” ujarnya.

Karena itu, perlu dicatat bahwa saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa anjing akan mampu mengendus virus corona, sehingga akan menarik untuk melihat seberapa efektif program pelatihan ini.

Saat ini, ini adalah program yang cukup kecil dengan sekitar empat anak anjing dalam pelatihan, tetapi mungkin jika berhasil, akan diperluas.

Kolonel Julio Santelices dari kepolisian Chili menambahkan, “Seekor anjing dapat mendeteksi, dalam satu jam, ia dapat mengendus 250 orang”.

“Jadi ketika kita mulai membuka stadion, sekolah, bisnis, restoran, akan sangat penting bahwa di tempat-tempat yang sedang dibuka, saat kita mencari kenormalan, kita sekarang dapat menambahkan anjing bio-detektor kita,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI