Antusiasme Para Mentor Sambut Bootcamp Yogyakarta

YOGYA (KRjogja.com) – Bootcamp merupakan tahapan keempat dalam rangkaian Gerakan Nasional 1000 Stratup Digital yang berfokus pada program mentoring intensif untuk membantu startup memperbaiki produk mereka. Startup yang terseleksi dari tahapan Hackathon ini akan mendapatkan masukan dari para mentor dari berbagai bidang untuk membantu dalam pengembangan dan penyempurnaan produk mereka.

Sejumlah mentor yang memberikan arahan serta masukan kepada peserta adalah Lis Sutjiati, Staff Khusus Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Eunice Sari, Co-founder UX Indonesia; Affi Kreshna, Head of Idea Labs Srengenge; Adrian Fadillah, Product Manager GO-JEK; Patar Hutajulu, Senior Product Manager GO-JEK;

Yudistira Nugroho Industry Analyst Google; Bramasta Dwi Saka, Co-founder UniteUX; Irwan Kartadipura, Co-founder, IndoCPA; Nendra Rengganis, Head of Operations of Hipwee; Prasetyo Andy Wicaksono, Head of IT Development at Jakarta Smart City; Ingrid Tambunan, Senior Marketing Executive DM ID Group; Tety Sianipar, CTO Kerjabilitas;

Aji Kusworo Mukti, Co-founder Sepetak; Budi Raharjo, Co-founder Caption Hospitality; Alfons Adrian, Relationship Manager DM ID Group; Rubby Emir, CEO Kerjabilitas; Sony Rachmadi, Co-founder, Run Systems; S Kompiang Wirawan, Kasubdit Inkubasi UGM; Agung Purwandono, Chief Editor KR Jogja dan Vishnu Mahmud, Director of Business Development Ogilvy PR.

Semua mentor yang terlibat dalam tahapan Bootcamp ini mengaku antusias melihat perkembangan para startup yang cukup signifikan dalam berbagai aspek seperti teknologi, marketing hingga kerjasama tim. Meski dalam beberapa hal masih harus dikembangkan lagi, tapi progress yang ada sudah menunjukkan hasil yang lumayan.

Salah satu mentor yang mengaku terkesima dengan perkembangan para startup adalah Prasetyo Andy Wicaksono atau yang biasa disapa PAW. Menurutnya, kehadiran mentor sangat berkontribusi besar dalam meningkatkan performa para startup.

“Karena saya sudah mengikuti perkembangan peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dari tahap Ignition, menarik melihat pengembangan produk dan bisnis mereka. Justru di tahap awal ini menjadi tahapan penting yang saya rasa saya bisa membantu dari pengalaman yang saya miliki dalam membangun produk dan dari sisi teknologi,” papar PAW.

PAW juga menyarankan kepada para startup untuk tidak berhenti bereksplorasi dan rajin melakukan riset agar produk mereka dapat terus berkembang. “Perbanyak riset dan eksplorasi. Benchmarking dan juga komparasi dengan existing solution atau pesaing yang mungkin ada. Pastikan itu adalah produk yang ingin akan mereka bangun, sehingga kehadiran mentor dapat lebih menjadi fasilitator ketimbang guru. Mereka harus kembali teringat dengan motivasi kenapa ingin mengembangkan startup-nya,” PAW melanjutkan.

Director of Business Development Ogilvy PR, Vishnu Mahmud juga mengaku senang dapat terlibat menjadi mentor untuk tahapan Bootcamp Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Setelah menjadi mentor di Bootcamp Surabaya, Vishnu juga siap mentransfer lagi ilmunya di Bootcamp Yogyakarta.

“Banyak hal baru yang saya dapat dari kegiatan Bootcamp ini. Tidak hanya membantu startup untuk bersaing di pasar nasional saja, tapi juga belajar banyak hal baru tentang teknologi baru yang dapat diimplementasikan dalam berbagai hal. Saya juga terinspirasi oleh anak muda yang berani untuk mendedikasikan dirinya dan berani mengambil risiko untuk menjadi seorang entrepreneur. Mereka sudah mengajarkan saya sesuatu,” tutur Vishu. Bootcamp Yogyakarta akan diikuti oleh 13 tim terseleksi di Grhatama Pustaka, Jumat hingga Minggu, 25-27 November. (*)

 

BERITA REKOMENDASI