Apple, Google, Amazon Kerja Sama Kembangkan Standar Smart Home

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Apple, Google dan Amazon bekerja sama untuk mengembangkan standar smart homeberbasis open source. Standar ini akan menjadi acuan untuk memudahkan pengembangan perangkat smart homebaru. 

Dengan standar ini, dipastikan perangkat smart home bisa saling terhubung satu sama lain. Selama ini, perangkat smart home berjalan dengan standar masing-masing. Sehingga, satu perangkat smart home tak bisa digunakan dengan voice assistant atau smartphone tertentu. 

Standar yang berbeda-beda ini menyulitkan pengguna dan pembuat perangkat smart home. Sebab, mereka tak bisa bebas memilih perangkat dan voice assistant kesukaan mereka.

Pembuat perangkat pun repot karena mereka mesti membuat satu perangkat yang sama dengan standar protokol berbeda agar bisa dipakai oleh semua protokol smart home yang ada. Karena protokol yang ada saat ini tidak bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

"(Dengan standar baru) pelanggan bisa yakin kalau perangkat pilihan mereka bisa bekerja dengan baik dan bisa dipasang dan dikendalikan dengan sistem yang mereka suka," tulis tim gabungan dari ketiga perusahaan itu. 

"Pengguna bisa memilih untuk menggunakan platform Google Assistant, Amazon Alexa, atau Siri dari Apple," tulis Google di blog-nya. 

Ketiga raksasa teknologi ini telah mendukung sebagian besar industri smart home. Mereka membentuk grup yang dinamakan Proyek Menghubungkan Rumah lewat IP. (*)

BERITA REKOMENDASI