Apple Perbaiki Sistem Keamanan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Apple Inc. mengeluarkan patch untuk memperbaiki celah keamanan yang berbahaya di iPhone dan iPad, Kamis (25/08/2016). Perusahaan Apple melakukan hal ini setelah menemukan ponsel milik salah seorang terkemuka di Uni Emirat Arab telah menjadi target peretasan.

Serangan hacking yang berhasil digagalkan itu menyerang aktivis hak asasi manusia, Ahmed Mansoor. Medium yang digunakan adalah pesan teks yang mengundangnya untuk mengklik sebuah tautan (link) web. Alih-alih mengklik, ia meneruskan pesan singkat tersebut kepada para peneliti di Citizen Lab Universitas Toronto.

Pesan yang diterima oleh Mansoor mengatakan bahwa akan membocorkan rahasia mengenai penyikasaan yang terjadi di penjara Uni Emirat Arab dengan mengklik link yang tersedia. Menurut Citizen Lab, jika saja Mansoor melakukan hal yang diinstruksikan pesan tersebut, iPhone 6 miliknya akan melakukan ‘jailbroken’ atau ada perangkat lunak yang terinstal di dalam ponsel tanpa izin.

"Sekali terinfeksi, ponsel milik Mansoor akan menjadi mata-mata digital dalam sakunya. Aplikasi tersebut dapat menggunakan kamera dan mikrofon ponselnya untuk mengintai aktivitasnya, juga dapat melacak panggilan dari WhatsApp dan Viber, serta pesan yang masuk atau terkirim lewat aplikasi chat ponsel, ataupun melacak pergerakannya," ujar Citicen Lab. (*)

BERITA REKOMENDASI