ASEAN-Uni Eropa Kerja Sama Fasilitasi Pelatihan High-Performance Computing

KEPALA BMKG, Prof Dwikorita Karnawati menjelaskan pentingnya peran High-Performance Computing (HPC) dalam pencegahan bencana di Indonesia.

“Kita dapat melihat bahwa kondisi tektonik di Indonesia dikendalikan oleh pergerakan Samudera Pasifik terhadap Eurasia, serta pergerakan samudra Indo-Australia terhadap Eurasia. Semua pergerakan itu mengakibatkan gempa bumi, serta aktivitas vulkanik,” kata Prof. Dwikorita Karnawati dalam media briefing European Union – ASEAN Cooperation on High-Performance Computing (HPC) yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (22/7/2021).

“Maka dari itu, (penggunaan) HPC sangat penting untuk melindungi negara dan komunitas kita dari bencana akibat tektonik dan vulkanik,” jelasnya.

Prof. Dwikorita Karnawati pun membeberkan lima potensi kolaborasi HPC dengan ASEAN-Uni Eropa dalam pencegahan bencana.

“Pertama, adalah kemanfaatan jarak jauh HPC untuk menjalankan model tsunami pra-komputasi. Kedua, yaitu menjalankan aplikasi pemrosesan seismik dan permukaan laut secara real time, menjalankan aplikasi dampak tsunami, menjalankan model prediksi cuaca secara real time, dan yang terakhir, adalah HPC untuk menjalankan model prediksi iklim,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI