Asteroid Apophis Diprediksi Bakal Menabrak Bumi Pada Tahun 2068

ASTRONOM dunia menyatakan bahwa mereka harus mengawasi asteroid Apophis di dekat Bumi untuk melihat seberapa besar bahaya yang akan ditimbulkan batuan antariksa tersebut bagi planet kita pada tahun 2068. Namun kemungkinan benturan masih sangat rendah.

Dalam keadaan tertentu, matahari dapat memanaskan asteroid secara tidak merata, menyebabkan batuan antariksa memancarkan energi panas secara asimetris. Hasilnya bisa berupa dorongan kecil ke arah tertentu yang disebut akselerasi Yarkovsky, yang dapat mengubah jalur asteroid melalui ruang angkasa.

Dikutip dari Livescience, Sabtu (14/11/2020), menurut para ahli benturan kecil bisa saja akan terjadi, tetapi kemungkinannya kecil yakni hanya sekitar 1 banding 150.000.

“Sebuah studi baru menunjukkan bahwa asteroid itu telah menjauh dari orbit yang diperkirakan sebelumnya sekitar 170 meter dalam waktu setahun karena efek dari Yarkovsky,” imbuh Manoa David Tholen, seorang penulis utama dan astronom Universitas Hawaii di dalam konferensi pers pada Oktober.

BERITA REKOMENDASI