Awal 2018, Dua Peristiwa Alam Langka Bakal Terjadi

DUA peristiwa alam terlangka diprediksi bakal terjadi di Januari 2018. Pertama, ada fenomena Supermoon pada 2 Januari 2018, dan kedua ada fenomena Bulan Biru alias Blue Moon pada 31 Januari 2018.

Seperti dikutip dari Space, Minggu (31/12/2017), Supermoon akan berlangsung pada malam Tahun Baru hingga 2 Januari 2018 pagi hari. Sementara, Blue Moon akan berlangsung pada 31 Januari 2018 waktu malam hari.

NASA sendiri juga secara resmi telah membenarkan dua peristiwa alam tersebut akan berlangsung pada awal 2018. "Pada 31 Januari 2018, Bulan akan berada di posisi terdekat orbitnya. Ini akan menjadikan posisi Bulan menjadi bulat menyeluruh sebelum akhirnya ia bisa memendarkan cahaya kebiru-biruan," tulis NASA dalam keterangan resminya.

Supermoon sendiri adalah fenomena di mana Bulan tampak bulat secara menyeluruh. Bentuknya juga lebih besar dan terang dari penampakan biasanya. Peristiwa ini juga terjadi bersamaan dengan "Lunar Perigee", atau situasi di mana Bulan dan Bumi jaraknya berdekatan.

Lalu, saat jarak Bulan dengan Bumi jauh, situasinya berbeda lagi. Situasi ini disebut dengan istilah "Lunar Apogee". Jadi, lintasan orbit antara Bulan ke Bumi memang cukup bervariasi dan menciptakan situasi Perigee dan Apogee.(*)

BERITA REKOMENDASI