Bakal Berlangsung Lama, LAPAN Bakal Amati Gerhana Bulan Besok

GERHANA bulan total terlama akan terjadi di beberapa bagian Bumi pada akhir Juli ini. Indonesia juga termasuk ke salah satu negara yang bisa menyaksikan peristiwa alam langka ini.

Dalam rangka menyambut gerhana bulan total terlama, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan melakukan pengamatan khusus. Diketahui, gerhana bulan total terlama akan terjadi pada 28 Juli 2018, tepat pada waktu dini hari.

Baca Juga: Spesial, Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Ternyata Cukup Lama

Dalam keterangannya, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan, proses pengamatan gerhana bulan total terlama ini tidak akan dilakukan secara umum. Pasalnya, gerhana bakal berlangsung sejak dini hari sampai Subuh.

"Ya, nanti kita bakal lakukan pengamatan, tapi bukan untuk umum karena gerhana ini bakal terjadi di dini hari pada 28 Juli 2018," ujar Thomas, Kamis (26/7/2018).

Baca Juga: 28 Juli, 'Micro Blood Moon' Terlama Abad 21

Saat ditanyakan apakah ada pengamatan khusus terhadap peristiwa alam ini, Thomas berkata kalau pihaknya hanya ingin mengabadikan momen gerhana bulan saja. "Tidak ada tujuan sains, hanya untuk mengabadikan foto prosesnya saja," tegasnya.(*)

 

 

BERITA REKOMENDASI