Bantul Punya Pabrik Drone Pertama di Indonesia

SEBUAH pabrik pesawat Drone telah dirintis di Kabupaten Bantul dan merupakan pabrik Drone pertama di Indonesia, yakni PT Inovasi Solusi Transformasi Indonesia, merek Frogs berlokasi di Jalan Imogiri Barat.

Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih saat meninjau pabrik tersebut, Rabu (6/4/2022) mengemukakan, perusahaan ini menciptakan inovasi yang luar biasa, yakni pembuatan atau pabrik Drone yang bisa dimanfaatkan berbagai kebutuhan, seperti untuk foto dari udara atau pemetaan, sprayer kebutuhan pertanian, sebagai angkutan untuk mengantarkan barang dan Drone angkutan orang atau Taksi Drone. Jenis Drone produksi PT Inovasi Solusi Transformasi Indonesia merek Frogs ini telah laku dipasarkan, walaupun belum mencapai eksport.

Tetapi untuk jenis Drone angkutan orang ini dari sisi teknologi sudah memungkinkan, tetapi dari sisi regulasi belum bisa. Karena pemanfaatan ruang udara aturannya tidak semua jalur bisa dilewati ,ada koridor- koridor udara yang ditetapkan berdasarkan undang-undang. “Tetapi ini satu inovasi yang luar biasa, dimasa depan produk Drone ini bisa menjadi angkutan orang dengan tanpa pilot cukup dikendalikan dari darat melalui sistem. Ini membanggakan Bantul,” ungkap Bupati Bantul.

Sementara di Kabupaten Bantul saat ini mulai bermunculan industri berbasis teknologi tinggi yang pada umumnya dengan sistem IT. Pemerintah memerlukan inovasi-inovasi baru untuk mengatasi kendala-kendala di lapangan dan PT Inovasi Solusi Transportasi Indonesia ini berhasil menemukan satu inovasi modern unggul untuk menerobos pemicu kendala diantaranya Drone yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ke depan Pemkab Bantul bisa bekerjasama dengan PT ini untuk pengembangan teknologi pertanian di Bantul.

BERITA REKOMENDASI