Batan Buat Alat Sterilkan Covid-19

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) membuat dua alat sterilisasi yang memanfaatkan sinar ultraviolet C (UV-C) berupa remote mobile UV-C disinfektan dan lemari UV-C disinfektan yang dapat membunuh mikroba dan virus, termasuk virus corona jenis baru penyebab Covid-19 (SARS-CoV-2).

“Wabah Covid-19 masih berlangsung dan mungkin dalam waktu yang lama, dibutuhkan alat sterilisasi untuk ruangan dan peralatan yang efektif dan efisien dalam membasmi mikroba dan virus,” kata Kepala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) Batan Kristedjo Kurnianto.

Ia menjelaskan sinar UV-C sudah terbukti efektif menghancurkan virus airborne influenza dan virus SARS yang merupakan virus serumpun dengan Covid-19. “Daya tembus UV-C sangat rendah sehingga efektif untuk sterilisasi udara dan permukaan benda, namun memiliki daya rusak tinggi,” katanya.

Alat sterilisasi tersebut dapat mensterilkan ruangan dan peralatan secara efektif dan efisien dari mikroba dan virus. Kristedjo mengatakan di Wuhan, China, alat UV-C telah banyak dimanfaatkan untuk sterilisasi alat transportasi publik seperti bis kota, gerbong kereta, dan rumah sakit. (*)

BERITA REKOMENDASI