Baterai Ponsel Lama Terisi Penuh? Cek 3 Hal Ini

Baterai menjadi bagian yang sangat penting dari smartphone. Tanpa baterai, ponsel pintar tidak dapat beroperasi. Sebab, baterai adalah sumber energi untuk semua komponen yang ada di smartphone. Bisa dikatakan semua komponen tersebut sangat bergantung pada baterai.

Namun terkadang muncul masalah terkait baterai smartphone. Salah satunya adalah daya baterai yang lama terisi penuh ketika di-charge.

Menurunnya kemampuan baterai yang menjadi lambat ketika di-charge bisa memberikan dampak ke komponen lain dari ponsel pintar. Kondisi ini harus dihindari untuk menghindari keburukan lebih besar.

Lalu apa penyebabnya? Berikut ini tiga kemungkinan masalahnya, sebagaimana dikutip dari Android Pit.

1. Masalah pada sumber daya

Sumber daya bisa jadi penyebab pengisian daya baterai smartphone lambat. Jika mengisi daya melalui laptop, maka otomatis smartphone akan mengisi data dengan sangat lambat. Namun, mengisi daya dari sumber listrik langsung juga mampu memengaruhi, tergantung kualitasnya. Contohnya menggunakan setopkontak di bangunan tua yang telah longgar atau rapuh.

2. Kabel rusak

Penyebab paling mungkin adalah masalah dengan kabel USB untuk charge. Performanya kabel berkurang akibat beberapa kebiasaan buruk pengguna. Contohnya, menggulung dan meletakkannya sembarangan. Kebisaan ini membuat kabel USB jadi bengkok, terpelintir, melilit, atau parahnya putus di dalam.

3. Smartphone rusak

Smartphone itu sendiri juga dapat jadi penyebab pengisian daya ponsel sangat lambat. Hal ini dikarenakan ponsel telah digunakan bertahun-tahun lamanya.

Sebagaimana diketahui, saat ini kualitas prosesor pun semakin ditingkatkan dan mendukung pengisian cepat. Jadi, ponsel keluaran lama tampaknya sedikit tertinggal.

BERITA REKOMENDASI