Baterai Smartphone Ini Tahan Sampai 12 Tahun

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Seorang ilmuwan Ukraina bernama Vladislav Kiselev mengklaim telah mengembangkan jenis baterai untuk smarthpone yang dapat bertahan hingga 12 tahun tanpa di-charger. Bahkan baterai ini bukan hanya untuk smartphone, tapi mobil pun dapat menggunakan baterai tersebut.

Kiselev merupakan seorang peneliti senior di Institute of Bioorganic Chemistry and Petrochemistry di wilayah Kiev dan seorang profesor di National Academy Sciences Ukraina. Berawal dari sebuah kompetisi internasional bergengsi untuk proyek-proyek penelitian di Sikrosky Challenge 2016, dari situlah ia berhasil menciptakan baterai menarik ini.

Baterai itu memiliki bentuk seperti kotak korek api. Untuk membuktikan kemampuan baterai itu, Kiselev telah membiarkan perangkatnya tersbeut menyala selama 4 bulan tanpa harus mengisi kembali dayanya, dan ia akan terus melakukannya selama 11 tahun ke depan. Ia mengaku baterai tersebut akan kuat hingga 12 tahun karena sifat baterai yang dapat menghasilkan energi bukan hanya bisa menyimpan energi saja.

Selama ini di dunia produsen baterai belum ada yang mampu membuat sebuah teknologi yang berhasil diciptakan oleh Kiselev. Ia mengatakan bahwa ia dapat melakukan hal tersebut dengan mengambil perangkat yang paling penting dari tritium yang dapat memancarkan elektron. (*)

BERITA REKOMENDASI