Bayar Zakat, Cashback Langsung 100%

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Aplikasi buatan pemuda Yogya, Djuragan Voucher kembali berinovasi dengan berbagai program baru. Setelah sukses dengan terobosan ‘ngekos gratis’ dan bagi-bagi voucher menggandeng para pelaku UMKM, kini Djuragan Voucher meluncurkan program ‘Zakat Cashback 100%’.

Dalam program ini nantinya umat muslim yang membayar zakat akan dapat cash back berupa voucher. Voucher virtual tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk ditukar dengan berbagai layanan sesuai merchant yang telah bermitra dengan Djuragan Voucher.

“Ada banyak merchant misalnya rumah makan, tempat pencucian kendaraan, toko pakaian, bahkan hingga tempat kebugaran. Nantinya voucher tersebut dapat ditukarkan untuk mendapat fasilitas gratis maupun potongan harga di merchant tersebut,” kata Dirut Djuragan Kreatif Indonesia, Syarif Hidayat S.Hut di Sleman, Senin (10/05/2021).

Untuk dapat meperoleh voucher tersebut, para wajib zakat dapat melakukannya dengan cara memotret kuitansi pembayaran zakat dan mempostingnya sosial media masing-masing. Setelah itu postingan tersebut di-tag pada sosial media Djuragan Voucher untuk selanjutnya akan diproses.

“Besaran voucher yang diberikan bakal sejumlah nominal dalam kwitansi tersebut. Kami akan ‘mengembalikan’ 100 persen dari zakat yang dibayarkan dalam bentuk voucher,” tambahnya.

Menurut Syarif Hidayat inovasi ini merupakan terobosan baru dalam berzakat maupun upaya menggerakkan UMKM. Dari sisi masyarakat, dapat semakin termotivasi untuk melaksanakan kewajiban membayar zakat, sedangkan bagi UMKM akan membangkitkan usaha di tengah lesunya perekonomian yang terdampak akibat pandemi.

Syarif Hidayat optimis program ini akan dapat diterima masyarakat karena tak ada yang dirugukan di dalamnya, namun justru diuntungkan. ‘Zakat Cashback 100 Persen’ upload kwitansi nya akan dimulai hari ini hingga Sabtu (29/05/2021) mendatang.

Ia menambahkan untuk program bagi-bagi voucher, Djuragan Voucher telah menjalin kerjasama dengan puluhan merchant di Yogya dan sekitarnya. Pada tahun ini Syarif Hidayat menargetkan aplikasi yang telah dibesutnya sejak 2020 silam itu dapat menggandeng 500 mitra dari kalangan UMKM.

Syarif Hidayat menyebut Djuragan Voucher ini sebagai bentuk gotongroyong bangsa yang sebenarnya di era digital. Dari aplikasi ini setiap merchant dapat saling membantu memasarkan produk sehingga roda perekonomian tetap bergerak.

“Misalnya di hotel atau kost eksklusif maupun tempat lainnya, kami menawarkan voucher makan bahkan voucher potong rambut. Sebaliknya di tempat lain juga demikian, jadi sesama pelaku UMKM saling membantu dan mendukung kelangsungan usaha,” imbuhnya.

Djuragan Voucher dapat diakses di djuraganvoucher.com atau bisa diunduh melalui play store. Kedepan Syarif Hidayat menjanjikan bakal ada program-program menarik lainnya yang lebih inovatif dan menyejahterakan UMKM.

Sementara itu Maganer Sate Pak JeDe, Haris Hermawan salah satu merchant yang tergabung dalam Djuragan Voucher mengaku sangat terbantu dalam hal pemasaran. Setelah bergabung dalam Djuragan Voucher sejak tiga bulan lalu Haris Hermawan mengaku pendapatan di tempat makan ini meningkat 5 – 10 persen.

“Banyak mahasiswa maupun pembeli datang ke sini, mereka tahu dan datang ke sini dapat voucher dari Djuragan Voucher. Ini merupakan simbiosis mutualisme dalam berusaha secara sehat. Dari aplikasi ini pula kami juga membantu memasaran merchant lain untuk dikunjungi,” ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI