Bidik Pasar Jawa, Nokia Janjikan Inovasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Seakan terbangun dari 'tidur panjangnya' pabrikan ponsel asal Finlandia Nokia HMD kembali berinovasi dan meluncurkan ponsel pintar terbarunya berbasis android. Saat ini, produk Nokia 2,3,5 dan 6 sudah membanjiri pasar Indonesia, terutama Yogyakarta.

"Yogyakarta adalah pasar potensial karena ponsel-ponsel dengan harga setara Nokia 2, 3, 5 dan 6 adalah pasar paling dominan. Kami juga memperkuat layanan after sales. Jadi jangan kuatir karena untuk konsumen di Yogyakarta, jaringan service center kami ada di Jogjatronik," ungkap Head of Marketing HMD Indonesia Miranda Vania Warokka didampingi HMD Global Master Trainer Irfan Hasibuan kepada wartawan, Kamis (12/04/2018).

Miranda menjelaskan produk Android Nokia ini menyasar segmen konsumen berusia 20-44 tahun sebagai target sasaran. Sedangkan penjualan mengandalkan pasar retail sekitar 70-80% karena menyesuaikan perilaku pasar Indonesia yang masih membutuhkan edukasi guna menentukan produk pilihannya.

"Strategi pricing yang tepat juga menjadi kunci di tengah persaingan harga saat ini. Kami ikut bermain di harga Rp 1,1-2,9 juta dengan meluncurkan Nokia  2, 3, 5 dan 6. Ini termasuk strategi kami untuk mendapatkan penetrasi pasar yang lebih dalam," imbuhnya.

Miranda mengakui pasar Jawa menjadi perhatian khusus pihaknya, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Namun, tidak memungkinkan mengembangkan pasar di Makassar (Sulawesi) dan Sumatera.

"Hal terpenting, Kami akan terus melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini sudah dipasarkan ponsel premium Nokia 8 yang dilengkapi Snap Dragon 835. Ponsel sangat kompetitif dibandingkan produk yang 30 persen lebih tinggi harganya. Kami juga akan meluncurkan ponsel seri nostalgia seperti Sirocco dan 3310," tandasnya.

Irfan Hasibuan memaparkan Nokia 2, 3, 5 dan 6 hadir dengan versi murni dari Android 8.1 Oreo, tanpa bloatware. Tanpa aplikasi pra-instal, pengguna akan memiliki pengalaman mulus setiap kali menggunakan smartphone. “Pembaruan keamanan bulanan datang sebagai standar untuk menjaga smartphone Nokia tetap up-to-date dan aman sehingga memberi kenyamanan dalam menggunakan smartphone,” jelasnya. (Tom)

BERITA REKOMENDASI