Bikin Internet Buatan Sendiri, Apa Tujuan Rusia?

INTERNET umumnya dirancang untuk membuka jendela dunia dan terhubung ke berbagai akses serta tidak dikendalikan oleh negara atau pemerintah tertentu.

Namun, pemerintah di sejumlah negara berupaya untuk menyensornya dan membatasi jenis konten tertentu dengan mengubah Domain Name System (DNS).

Sayangnya, langkah itu tidak selalu berhasil karena pengguna internet dapat menembus sensor tersebut dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Langkah serius kemudian dilakukan Rusia dengan membuat jaringan internet sendiri bernama RuNet. Mereka mengklaim telah berhasil menguji coba teknologi ini. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (30/12/2019).

Teknologi ini akan membatasi titik-titik internet di seluruh dunia dan memberi pemerintah untuk mengontrol jenis konten apa yang dapat/tidak bisa diakses oleh warga negaranya.

Menurut Kementerian Komunikasi Rusia, pengguna yang terlibat dalam pengujian tidak melihat adanya perubahan.

Selain itu, jaringan internet ini juga berfungsi untuk melindungi diri dari ancaman dunia maya dan terlepas dari koneksi internet global.

Menurut Justin Sherman, ahli kebijakan keamanan dunia maya di lembaga riset New America, mengatakan pemerintah Rusia mengalami tantangan teknis di masa lalu ketika mencoba meningkatkan kontrol terhadap internet.

Misalnya, Rusia tidak berhasil memblokir akses aplikasi pesan terenkripsi Telegram.

"Tanpa informasi lebih lanjut tentang uji coba ini, sulit untuk menilai dengan tepat seberapa jauh Rusia telah berkembang di jalur menuju internet domestik yang terisolasi," ucap Shermen memungkaskan.(*)

BERITA REKOMENDASI