Boeing Segera Ciptakan Pesawat Tanpa Pilot

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Produsen pesawat terbang Amerika Serikat (AS) Boeing menyatakan, teknologi pesawat tanpa pilot segera menjadi menyataan. Eksportir yang juga salah satu kontraktor pertahanan terbesar di dunia ini berencana menguji coba teknologi baru itu pada tahun depan.

”Blok teknologi dasar jelas tersedia,” kata Mike Sinnett, wakil presiden pengembangan produk Boeing, dalam sebuah briefing menjelang Paris Airshow yang akan berlangsung akhir bulan ini.

Ide perjalanan udara di pesawat otonom ini terdengar menyeramkan, terlebih untuk orang-orang yang takut naik pesawat. Dengan teknologi canggih ini, lepas landas dan pendaratan pesawat dikendalikan dengan komputer.

Pesawat tanpa pilot yang sedang dikembangkan ini nantinya juga dilengkapi dengan sistem manajemen penerbangan yang menentukan jalur penerbangan terbaik berdasarkan rencana penerbangan yang sudah dimasukkan oleh pilot.

Ide munculnya teknologi pesawat canggih ini juga dipicu jumlah pilot yang dibutuhkan untuk penerbangan telah menurun dari tiga menjadi dua dalam beberapa tahun terakhir. Pesawat dengan teknologi mutakhir ini akan membantu mengatasi kekurangan pilot yang akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan. (*)

BERITA REKOMENDASI