Cara Kerja Ransomware Sebarkan Virus

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ransomware menjadi virus yang sangat populer belakangan ini. Dimana pada dasarnya ransomware adalah sejenis virus malware yang menginveksi komputer dan mengenkripsi file-file yang ada pada komputer.

Selanjutnya pelaku akan meminta tebusan berupa uang kepada pemilik komputer yang terinveksi ransomware. Seiring perkembangannya ESET Indonesia melihat, kedepannya virus ini akan terbagi menjadi dua tipe dalam melakukan serangan.

"Masa depan ransomware akan ada dua tipe. Pertama mengekripsi sistem dan yang kedua mengekrispsi data. Siapa targetnya ? targetnya adalah internet of think  (IoT). Jadi semua perangkat yang terkoneksi sangat mungkin untuk terserang," ujar Technical Support ESET Indonesia, Mahiruddin.

Lebih laniut, Ia mencontohkan, semisal perangkat microwafe yang terkoneksi dengan internet. Pelaku akan melakukan serangan sehingga alat tersebut terkunci. Jadi mereka akan megirimkan pesan ke smartphone langsung dengan pesan meminta tebusan, bila tidak suhu pada microwafe akan terus meningkat dan meledak.

Meski telah memprediksi, ESET Indonesia pun telah menghadirkan beberapa solusi. Disni ESET meikis ransomware decryptor yang dapat digunakan korban secara gratis, diantaranya TeslaCrypt, Crysis, dan CryptProjectXXX. (*)

BERITA REKOMENDASI