Cara Simpel Agar Kuota Internet Lebih Awet

BEBERAPA pengguna smartphone seringkali mengeluhkan banyaknya uang yang harus dikeluarkan untuk melakukan pembelian kuota internet. Kuota internet yang terlalu cepat habis memang seringkali dipertanyakan untuk apa saja kuota internet tersebut?

Bagi Anda yang aktif dalam memainkan smartphone, maka Anda harus lebih cerdas dalam mengoperasikannya.
Penting bagi Anda supaya tidak kehabisan dana hanya karena terlalu sering membeli paketan kuota Walaupun sudah tersedia banyak provider yang menyediakan paket data dengan harga kompetitif seperti paket internet XL murah, Indosat, Telkomsel, Tri, Smartfren dll.

Pada dasarnya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya kuota internet Anda tidak mudah cepat habis. Dengan melalui hal tersebutlah Anda bisa melakukannya supaya kuota internet Anda lebih berhemat,
Meskipun cara yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah, namun sayangnya masih ada banyak pengguna smartphone yang tidak mengetahui akan hal ini. Padahal cara sederhana seperti yang ada di bawah ini akan sangat membantu Anda supaya paket kuota pada android tidak cepat habis.

Berikut ini adalah cara untuk menghemat pulsa Internet di handphone Android.

1. Menghentikan Auto Sync Pada Ponsel
– Cara yang pertama adalah dengan mematikan auto sinkronisasi ponsel. Kontak yang Anda simpan di dalam handphone seringkali disinkronkan otomatis melalui Auto Sync ini. Auto Sync ini ternyata cukup memakan data dan lebih baik dimatikan saja. Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan untuk mematikan auto sync:
– Masuk ke pengaturan Android yang biasanya terletak di kiri atas.
Kemudian cari akun.
– Setelah itu silahkan pilih Google dengan email yang sudah didaftarkan di Android.
– Nantinya akan muncul ikon baru
Sinkronisasi data yang tersimpan otomatis jika Anda menyalakan “aktifkan sinkronisasi”. Begitu juga dengan sebaliknya.
– Jika Anda ingin menghentikan sinkronisasi, silahkan klik bagian “matikan”.

2. Cek Aplikasi Yang Menggunakan Internet
Cara mengetahui aplikasi yang terlalu banyak memakan kuota internet bisa Anda ketahui dengan cara yang sangat mudah. Untuk melihatnya, yang pertama kali Anda lakukan yaitu menetapkan tanggal hari ini. Supaya hasil yang didapatkan juga lebih akurat. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui sudah berapa KB aplikasi tersebut memakan data kuota.

Untuk mengetahuinya, ikuti beberapa langkah berikut:
– Silahkan masuk ke bagian pengaturan.
Cari jaringan dan internet.
– Pilih penggunaan data wifi.
– Nantinya akan muncul aplikasi apa saja yang sering kali memakan banyak kuota.
– Apabila Anda sudah mengetahui aplikasi apa saja yang membutuhkan banyak kuota, maka langkah selanjutnya Anda bisa menghapus aplikasi tersebut. Selain itu untuk aplikasi yang tidak Anda butuhkan juga ada baiknya jika Anda menghapusnya.

Tanpa disadari Anda seringkali menghabiskan kuota hanya karena mengakses beberapa aplikasi yang sedang tidak Anda butuhkan. Hal ini seringkali terjadi ketika Anda sedang merasa jenuh dan bosan, terutama saat berada di tempat umum. Meskipun Anda hanya membuka aplikasi kemudian menutupnya dan terus melakukannya seperti ini, maka hal ini tetap saja kuota internet Anda akan terkuras lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan masing-masing provider untuk mengecek jumlah paket internet yang tersedia. Contohnya aplikasi paket internet Xl adalah MyXL, MyTelkomsel untuk provider Telkomsel, atau MySF untuk cek paket internet Smartfren.

3. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Cara menghemat pulsa internet selanjutnya yaitu dengan menggunakannya secara kebutuhan. Artinya jangan menggunakan beberapa aplikasi yang yang terlalu banyak memakan data. Apabila sedang tidak Anda butuhkan, sebaiknya Anda tidak membuka aplikasi atau smartphone Anda. dengan cara inilah maka pulsa kuota Anda tidak akan mudah habis.

Langkah selanjutnya yaitu sebaiknya Anda menonaktifkan data seluler pada saat Anda sedang tidak membutuhkannya, misalnya di malam hari saat Anda ingin tidur, saat berada di daerah yang susah sinyal maupun yang lainnya. Kurangi penggunaan sosial media yang terlalu terlalu dibutuhkan dan banyak mengkonsumsi kuota, misalnya seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter maupun aplikasi yang lain. Sebaiknya gunakan aplikasi di saat Anda membutuhkan saja.

4. Sering ke Tempat WIFi

Sering pergi ke tempat yang menyediakan wifi gratis atau WiFi umum juga dapat dijadikan sebagai solusi agar kuota internet Anda tidak cepat habis. Manfaatkan dengan sebaik mungkin pada saat Anda berada di tempat yang menyediakan wifi gratis. Misalnya Anda bisa mendownload film sepuasnya. Ada banyak tempat umum yang menyediakan wifi gratis yaitu seperti di kampus, di hotel, Cafe atau rumah makan, di taman dan di tempat yang lainnya.

Semakin sering Anda menggunakan wifi gratis tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tagihan data kuota Anda. Cara ini adalah cara paling ampuh yang bisa Anda manfaatkan pada saat berada di area hotspot. Pada saat Anda berada di tempat WiFi umum, Anda pun juga bisa memanfaatkannya untuk memperbarui aplikasi.
Jika Anda mengupdate aplikasi menggunakan kuota internet tentu akan menghabiskan jumlah kuota yang tidaklah sedikit. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu menyeting pada bagian update aplikasi pilihlah “update aplikasi” ketika WiFi tersambung.

Cara ini akan menjadikan pemakaian kuota internet pada Android Anda lebih menghemat. Manfaatkan WiFi umum dengan cara mengupdate semua aplikasi dalam Android yang dibutuhkan. Untuk memulainya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
-Pilih aplikasi Playstore.
-Kemudian tab pada menu icon tiga garis.
-Pilihlah setting.
-Lalu pilih auto update apps.
-Setelah itu pilih auto update apps over wifi only.
-Selain cara diatas, masih ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pulsa Internet. Asalkan Anda mau sedikit mengubah isi handphone Anda, maka pulsa internet akan awet dan tidak mudah habis. (*)

BERITA REKOMENDASI