Cegah Kepanikan, Pemda DIY Hadirkan Website Seluk Beluk Covid-19

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai salah satu upaya transparasi data dan cara pencegahan virus korona, Pemda DIY membuat laman website yang berisi tentang informasi virus Covid-19. Di halaman itu, pengunjung bisa melihat sederet informasi, seperti jumlah pasien positif corona, jumlah pasien yang telah diperiksa hingga instruksi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Ya, kami akan membuat halaman seperti itu,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Ir Rony Primanto Hari MT kepada KR di Komplek Kepatihan, Selasa (17/3/2020).

Rony menjelaskan website itu sudah bisa diakses di halaman corona.jogjaprov.go.id. “Ke depan akan lebih jelas lagi, tidak cuma jumlah pasien positif. Kami bekerjasama dengan dinas lain untuk melengkapi ini,” katanya.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo DIY Rahmat Sutopo SE menjelaskan Kominfo melalui bidang IKP sejak awal tahun 2020 sudah mengantisipasi Covid-19 yang saat itu masih lebih dikenal sebagai virus korona. Pihaknya telah mempublikasikan konten via media sosial (medsos) tentang apa itu virus korona dan ciri-ciri penderitanya serta apa yg harus dilakukan oleh penderita pada 27 Januari 2020.

“Ini dilakukan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat sekaligus mencegah kepanikan karena Covid-19 yang sebenarnya dapat dilawan dengan perilaku hidup sehat
. Kita makin gencar mempublikasikan puluhan konten tentang virus korona ini via medsos Pemda DIY pada pertengahan Februari dan awal Maret 2020,” ungkap Rahmat.

Selain medsos, Diskominfo DIY juga melakukan publikasi antisipasi Covid-19 via media massa baik media cetak maupun media elektronik serta mengkampanyekannya melalui kegiatan-kegiatan lainnya. Pihaknya bekerjasama dengan warganet atau netizen di DIY untuk bersama-sama memproduksi konten positif agar masyarakat tidak panik menghadapi virus korona dengan menghadirkan narasumber dinas terkait.

“Kita punya Forum Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM) se-DIY dan masuk ke dalam Join Information Centre (JIC) Posko Terpadu Penanganan Covid-19 Pemda DIY yang berpusat di BPBD DIY. Dalam kaitan itu sudah dibuat web khusus yakni corona.jogjaprov.go.id sebagai official website,” terang Rahmat.

Diskominfo DIY mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki dalam menjalankan imbauan Guburnur DIY tentang pemanfaatan TIK dengan menyiapkan insfrastruktur video conference di seluruh OPD Pemda DIY sehingga bisa menggelar rapat secara virtual. Rapat virtual sudah bisa dilakukan mulai saat ini sehingga OPD DIY tidak perlu berkumpul. (Ira/R-1)

BERITA REKOMENDASI