Cek Manfaat dan Kelebihan Absensi Online Dibanding Absensi Konvensional

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan membutuhkan absensi sebagai pengukuran kinerja dan menentukan gaji yang didapatkan. Perkembangan teknologi kian pesat menyediakan banyak pilihan cara absensi termasuk memakai aplikasi absensi online.

Aplikasi absensi online yaitu platform ataupun alat yang berfungsi untuk memantau karyawan perusahaan secara online. Keberadaan absensi sistem online baik berbasis web maupun mobile memudahkan pemantauan seorang HRD. Pada umumnya integrasi APK ini bisa dengan sistem payroll ataupun aturan cuti di perusahaan. Aplikasi ini merekap semua pencatatan kehadiran seluruh karyawan memakai sistem cloud yang terintegrasi di database dengan menggunakan koneksi internet.

Absensi secara online memiliki beberapa kelebihan diantaranya Sistem Keamanan Data terjamin, menghemat anggaran, dan lebih efisien. Selain memiliki beberapa kelebihan, system ini juga mempunyai kekurangan yaitu cara kerjanya bergantung dengan kuat lemahnya sinyal, bisa terjadi Sistem Bug (Error), dan memungkinkan Terjadinya Kecurangan.

Aplikasi absensi secara online ini mempunyai beberapa fitur  unggulan, yaitu :

Absensi (Clock in dan Clock out)

Fitur yang selalu ada di aplikasi absensi adalah perekaman ketika clock in dan clock out. Biasanya di fitur tersebut juga didukung oleh sistem GPS yang terintegrasi. Melalui fitur itu HRD bisa melakukan pemantauan berdasarkan real time yang lengkap dengan jam kerja masing-masing pegawainya.

Overtime

Fitur berikutnya yang biasa ditemukan di aplikasi absensi adalah overtime. Fitur ini dibuat untuk melakukan rekapitulasi hal yang berkaitan dengan waktu lembut. Baik mencatat pengajuan lembur, pemberitahuan waktu lembur dan jumlah lembur yang sudah dikerjakan.

Cuti

Melalui aplikasi absensi karyawan lebih mudah dalam mengajukan cuti, dan pihak perusahaan pun juga lebih mudah dalam melakukan pengontrolan. Fitur tersebut juga membantu dalam proses pengukuran produktivitas.

Working Schedule

Fitur ini berguna bagi HRD dalam mengatur jadwal kerja masing-masing karyawannya dengan lebih efisien.

Payroll

Melalui fitur tersebut perusahaan tidak perlu ribet dalam melakukan perhitungan gaji karyawannya, karena jumlah absensi yang terinput sudah direkapitulasi secara otomatis. Tidak hanya HRD saja yang diuntungkan dengan fitur Payroll ini, melainkan bagian keuangan di perusahaan juga terbantu dengan fitur di APK absensi online tersebut.

Lend App

Fitur ini tersedia di beberapa aplikasi absensi, Lend App berfungsi untuk memudahkan penggunanya ketika melakukan absensi. Karyawan yang smartphone-nya tidak mendukung di aplikasi ini bisa meminjam ponsel rekan kerjanya untuk melakukan absensi.

Reporting

Dengan fitur ini perusahaan menjadi lebih mudah mengecek laporan durasi kerja masing-masing karyawannya. Selain itu, dengan melihat fitur reporting HRD bisa mengamati trend kedatangan pegawainya pada setiap bulan.

Tentu untuk mencari aplikasi absensi untuk perusahaan tidak boleh sembarangan. Terlebih jika perusahaan mempunyai data-data penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Memilih aplikasi absensi online terpercaya bisa Anda temukan di aplikasi Talenta.

Mengapa harus aplikasi Talenta? Karena di aplikasi tersebut perusahan Anda bisa mempunyai aplikasi absensi online low budget dan fitur-fitur yang ditawarkannya pun lengkap. Di aplikasi Talenta ini memiliki setidaknya 8 fitur unggulnya.

Fitur tersebut meliputi cloud yang digunakan di aplikasi ini sudah tersertifikasi ISO 27001, sehingga data perusahaan dijamin keamanannya. Terdapat tampilan dashboard khusus untuk melakukan pembuatan jadwal istirahat karyawan, dan pengelolaan laporan absensi.

Selain fitur itu di Talenta juga dilengkapi dengan metode swafoto dan FR (face recognition) sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan. Fitur di Talenta juga terhubung dengan sistem payroll dan fingerprint. Absensi dengan APK ini juga bisa melalui ponsel dengan penerapan metode geotag.

Kelebihan aplikasi absensi ini yaitu yang tercatat di sistem aplikasinya adalah berdasarkan waktu real. Sistem di Talenta ini juga sudah terintegrasi dengan sistem gajian secara otomatis. Anda juga bisa melakukan transfer di Talenta dengan payroll tanpa perlu terbebani biaya administrasi.

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi terbaik untuk absensi perusahaan bisa memakai Talenta. Informasi lebih lanjut mengenai perhitungan biaya untuk bisa memakai aplikasi ini, anda dapat mengunjungi website resmi Talenta.co

BERITA REKOMENDASI