China Bikin UU Batasi Anak Bermain Game

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah China telah memberlakukan aturan baru untuk mencegah kecanduan game pada anak-anak. Mereka membuat undang-undang baru untuk melarang anak-anak bermain game pada malam hari.

Dilansir dari laman ABC Net, Jumat (8/11/2019) selain untuk membatasi waktu bermain game, aturan tersebut diberlakukan untuk membatasi berapa banyak uang yang dihabiskan untuk game.

Pemerintah China juga kabarnya akan menerapkan sistem registrasi dengan menggunakan nama asli gamer untuk memverifikasi umur mereka. Pada aturan tersebut, anak-anak di bawah 18 tahun akan dilarang bermain game pada malam hari dan dibatasi hingga 90 menit waktu bermain pada hari kerja.

Pembatasan akan diperpanjang hingga tiga jam pada akhir pekan dan hari libur. Tidak hanya sampai disitu, gamer berusia 8 hingga 16 tahun diizinkan untuk mengeluarkan uang USD41,50 atau Rp580 ribu sekira per bulan untuk akun game. Sementara itu, untuk gamer yang berusia antara 16 hingga 18 tahun dibatasi sekira USD83 atau Rp1,1 juta.

Seorang juru bicara Pemerintah mengatakan langkah-langkah tersebutu diterapkan karena kekhawatiran akan kecanduan video game pada anak bawah umur dan dampaknya pada kesehatan fisik dan mental serta pembelajaran. Untuk diketahui, China merupakan salah satu pasar game mobile terbesar di dunia.

 

 

 

BERITA REKOMENDASI