China Buka Jalur Komunikasi Kuantum Sejauh 2.000 Km

BEIJING, KRJOGJA.com – China akhirnya membuka jalur komunikasi kuantum yang memiliki sistem pengaman super tinggi sepanjang 2.000 km dari Beijing hingga Shanghai.

Jalur komunikasi yang diklaim aman dari peretasan, pencegatan, dan perusakan informasi menurut siaran pers Kantor Berita Xinhua, menjadi yang pertama dioperasikan di dunia.

Jalur Jing-Hu yang melewati Beijing, Jinan, Hefei, dan Shanghai itu terhubung dengan satelit kuantum pertama di dunia yang telah diluncurkan oleh China pada Agustus tahun lalu di Beijing.

Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan China Bai Chunli bisa berkomunikasi dengan beberapa stafnya di Hefei, Jinan, Shanghai, dan Xinjiang melalui jalur tersebut pada Jumat (29/9).

Selain itu, dia juga berbincang menggunakan fasilitas panggilan video dengan ahli fisika kuantum dari Austria, Anton Zeilinger, melalui jalur satelit itu.

Komunikasi kuantum memiliki sistem pengamanan yang super tinggi sehingga informasi yang disampaikan sangat tidak mungkin disadap, dicegat, atau diacak. (*)

BERITA REKOMENDASI