Dari Hawaii Mereka Memburu Alien Gunakan Kamera Darkness

SEKELOMPOK fisikawan dan astronom baru saja mengumumkan kehadiran kamera paling canggih di dunia. Kamera ini dibangun di wilayah Hawaii, Amerika Serikat.

Dikutip dari NBC News, Rabu (23/5/2018), kamera ini diberi nama Darkness, kependekan dari Dark-speckle Near-infrared Energy-resolved Superconducting Spectrophotometer.

Kamera nantinya akan digunakan untuk mengamati planet lain yang berada dekat Tata Surya. Rencananya, kamera tersebut juga dipakai untuk membantu para ilmuwan menemukan kehidupan lain di luar Bumi.

Kamera Darkness sekaligus membantu para ilmuwan untuk mengamati planet lain yang berjarak sangat jauh dari Bumi. Alasannya, cahaya dari planet yang berjarak sangat jauh biasanya lebih redup dari bintang utamanya.

"Secara teknis, langkah ini sangat menantang, karena bintang utama biasanya jauh lebih terang dari planet," tutur fisikawan asal University of California, Benjamin Mazin, yang juga sekaligus ketua dari tim ini.

Karena itu, kamera Darkness berupaya akan menyaring cahaya dari bintang utama. Setelahnya, melalui cermin khusus, kamera ini akan mengurangi distorsi atmosfer sekaligus memperjelas hasil tangkapan yang buram.

Kehadiran kamera disambut baik oleh sejumlah pihak. Salah satunya adalah fisikawan asal Stanford University Bruce Macintosh. Ia menyebut Darkness merupakan kamera dengan teknologi yang sangat mengagumkan.

Kamera Darkness sekaligus membawa babak baru dalam pencarian planet serupa Bumi, sebab pencarian dapat dilakukan langsung. Selama ini, para ilmuwan masih mengandalkan observatorium luar angkasa, seperti teleskop Kepler dan TESS.(*)

BERITA REKOMENDASI