‘Delete Chat’ Tak Sepenuhnya Menghapus Pesan WhatsApp

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Chat log WhatsApp di platform iOS ternyata tak sepenuhnya bisa dihapus. Bahkan setelah pengguna menekan tombol 'Delete Chat', chag log tersebut tetap tersimpan dan bisa dipulihkan.

Temuan ini diungkapkan oleh peneliti sistem operasi iOS bernama Jonathan Zdziarski. Menurut Zdziarski, versi terbaru dari aplikasi perpesanan itu tidak sepenuhnya menghapus chat log. Sehingga meninggalkan jejak forensik yang sangat berbahaya jika ada orang lain memiliki akses ke iPhone atau iPad.

Walaupun sudah dihapus, jejak chat log itu bisa dipulihkan dengan menggunakan software forensik data khusus atau sistem remote backup di tempat. Zdziarski menjelaskan penyebab masalah tersebut terletak pada SQLite Library yang dipakai untuk menyusun kode-kode program WhatsApp.

Menurut Zdziarski, setelah menekan tombol 'Delete Chat', WhatsApp seharusnya menghapus chat log terpilih dan menimpanya dengan data acak. Namun yang terjadi tidak seperti itu. Setelah menekan tombol 'Delete Chat', WhatsApp hanya menandai chat log terpilih sebagai data terhapus tapi tidak menimpanya dengan data acak seperti yang seharusnya. (*)

BERITA REKOMENDASI