Digitalisasi, Ciptakan Efisiensi Sektor Kelistrikan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong stakeholders sektor kelistrikan untuk menerapkan digitalisasi. Langkah tersebut merupakan bentuk penyesuaian ke arah industri 4.0.

Direktur Jenderal‎ Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, kinerja sektor kelistrikan akan lebih optimal dari sisi kehandalan pasokan listrik, jika teknologi digital sudah digunakan pada sektor tersebut.

"Digitalisasi di sektor ketenagalistrikan sudah pasti akan mampu memaksimalkan nilai," kata dia dalam keterangannya, Rabu (14/11/2018).

Penggunaan teknologi digital tidak hanya membawa dampak positif bagi perusahaan penyedian energi listrik, tetapi juga pada pelanggan listrik. Alasannya, penggunaan teknologi digital akan menciptakan efisiensi yang berujung pada tarif listrik yang terjangkau.

"Digitalisasi tidak hanya mampu meningkatkan performa keuangan baik dari sisi keuntungan operasi dan efisiensi modal tetapi juga memberi nilai lebih kepada konsumen atas keterjangkauan harga," ‎ paparnya.(*)

BERITA REKOMENDASI