Dua Plenet Mirip Bumi Ditemukan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Astronom menemukan dua eksoplanet super di tata surya dengan bintang GJ 887 atau Gliese 887 yang disebut mirip dengan Bumi. Bintang merah kerdil ini memiliki fungsi serupa Matahari. Planet di tata surya itu juga mengelilingi Gliese 887.

Gliese 887 memiliki berat antara 7,5 persen hingga 50 persen dari massa Matahari. Sementara dari jarak, Gliese 887 berjarak sekitar 10,7 tahun cahaya dari Bumi. Gliese merupakan bintang ke 12 yang paling dekat dengan Bumi.

Pada panjang gelombang yang terlihat, Gliese 887 adalah bintang merah kerdil paling terang di langit, dengan hampir setengah massa matahari. Gliese 887 adalah bintang merah kerdil terberat dalam jarak hingga 20 tahun cahaya dari Bumi.

Gliese 887 memiliki setidaknya dua eksoplanet yang mirip Bumi, keduanya dijuluki Gliese 887 b dan Gliese 887 c. Gliese 887 b memiliki massa sekitar 4,2 kali massa Bumi dan mengorbit pada jarak hanya 6,8 persen dari unit astronomi (AU) dari bintangnya (satu unit astronomi adalah jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari).

Sementara Gliese 887 c memiliki massa sekitar 7,6 kali massa Bumi dan mengorbit pada Gliese 887 pada jarak 12 persen dari AU. Akan tetapi, peneliti mengatakan dua eksoplanet tersebut memiliki suhu yang terlalu panas untuk mendukung kehidupan seperti yang kita ketahui di Bumi.

Di sisi lain, para peneliti juga menemukan bukti kemungkinan adanya planet ketiga lebih jauh dari Gliese 887. Potensi planet ketiga ini mungkin terletak di dalam zona layak huni di tata surya Gliese 887, di mana permukaan suhu planet cocok untuk menampung air cair. (*)

BERITA REKOMENDASI